Bismillahirrahmaanirrahiim Laa haula walaa quwwata illaa billah

Jumat, 29 April 2011

semangat persatuan


MEMBANGKITKAN PERSATUAN ISLAM YANG BENAR
Sudah lama umat islam tidak dipimpin oleh orang-orang yang amanah, kian terpuruk lemah tanpa daya menghadapi kekuatan musuh durjana. Banyak kalangan mengharapkan sang pemimpin itu hadir kembali di tengah-tengah umat, untuk menjadi pusat perhatian dan pemutusan segala perkara. Rancuhnya banyak pemahaman yang timbul di tengah-tengah umat, semakin mempersulit gerakan pemersatu. Telah nyata permusuhan antara yang  haq dan yang bathil, hizbullah dengan hizbussyaithan, akan senantiasa bergejolak hingga hari kiamat. Wahai kaum muslimin dan muslimat hendaklah sama-sama renungan beberapa amanat ini dengan hikmah dan bijaksana :
                Beberapa poin yang mesti kita perjuangkan untuk persatuan kita yaitu :
1.       Kesatuan dalam aqidah yakni menerima rukun iman dan rukun islam dalam landasan yang telah disepakati oleh ijma’ para ulama beserta umat muslim seluruhnya dengan panduan Al Qur’an dan Sunnah.
2.       Kesatuan dalam syari’at yakni menerima hukum islam yang 5, yaitu wajib, sunah, mubah, makruh dan haram.
3.       Kesatuan dalam akhlaq yakni akhlaq yang diambil dari keteladanan akhlaq nabi Muhammad SAW dalam segala aspek seperti bagaimana cara makan, berpakaian, kesabaran, keikhlasan, tawadhu’, zuhud, pergaulan, kebersihan, ibadah dan sebagainya.
4.       Kesatuan dalam furuu’iyyah atau khilafiyah yakni lapang dada dan terbuka dalam menghadapi hal-hal yang berkaitan dengan masalah cabang yang telah ada ijma’ dari ulama atau ijtihad ulama yang terpercaya.
5.       Kesatuan pandangan mengenai kawan dan lawan yakni siapapun diantara orang islam adalah bersaudara selama ia tidak benci dan memusuhi islam itu sendiri sehingga pertikaian diantara mereka harus didamaikan ( QS. Al Hujurat : 10 ). Dan lawan adalah orang-orang kafir yahudi dan nasrani serta orang-orang munafiq ( Al Baqarah : 120 ).   
                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar